Tuesday, May 24, 2011

Trip Dadakan Ke Ujung Genteng

Iseng ngisi waktu liburan tanggal merah, akhirnya kita ber-5 (Team Kelompencapir Independent) Gw, Yogo, Novie, Rayda and Ipey sepakat mau ber-sepeda-an ria di Ancol. Nah berhubung lokasi gw paling jauh, alhasil yang paling terakhir dijemput ya gw. Yang niat awalnya mau janjian jam 6 pagi (preet) di Dunkin Donut Mampang, eh mereka malah baru sampe jam 8!

Gw udah ngedumel2 aja gara2 nunggu mereka kelamaan, tapinya mereka malah senyum2 gajebo..herman, akhirnya mereka bilang kalo rencana ke Ancolnya dicancel dan mereka sepakat untuk puter haluan ke PANTAI UJUNG GENTENG.

Dasarnya kita tukang jalan semua, alhasil denger kaya gitu yah seneng2 ajaa. Untungnya kita udah siap bawa baju ganti untuk nginep karena planning awalnya kelar dari Ancol kita mau check in di Manhattan Hotel pake voucher gw :p

Kita mampir dulu ke 7-11 untuk beli cemilan (perjalan jauh soalnya) dan set jam 8 kita cuuus masuk tol kearah Sukabumi.
Sangking excitednya, pas dimobil kita baru sadar kalo gada satupun diantara kita yang pernah kesana #eaaa. Tapi kita sih percaya2 aja sama si Juru Setir (Yogo) yang bilang pokoknya kita ngarah ke Sukabumi aja dan dari sana tinggal ngikutin petunjuknya..okee deeh, kita tetep semangaat mengarah kesana!!!

Mampir dulu di Rest Area Ciawi untuk ke kamar kecil and nanya2 ple foto2 :p

Sepanjang perjalanan mah jangan ditanya hebohnya kita, dari yang sebentar2 berhenti buat mastiin arah sampe sliwer liat penunjuk KM yang makin jauh malah makin berubah2...wkwkwkkwkw..pokoknya rempong deh!

Dan emang kita juga ga tau arah, alhasil biarpun jauh dan gak nyampe2, kita tetep seneng2 aja tuuh.

Sekitar 5 jam perjalanan, akhirnya kita berhenti dulu ditempat makan yang ada pemandangan bukitnya. Tempatnya lesehan gitu, tapi makanannya mantebs and murah.

Emang dasar banci foto, bukan tempatnya yg difoto2 malah kita yang narsis2 :p

Awal perjalanan kita agak tersendat di Ciawi Bogor and di jalur Sukabuminya juga, mungkin karena long weekend. Estimasi awal lama perjalanan kita kurang lebih 6-8jam so mustinya kita bsa smpe sana sekitar jam 2 ato 3an. tapi like always, rencana tinggal rencana...gara2 macet parah, plus palang penunjuk yg ngacoo plus jalanan rusak, plus musti sebentar2 berhenti untuk nanya jalan...kita sukses sampai di Ujung Genteng paas Sunset..means jam 6 teng maghrib (itu artinya total perjalanan kita 10jam).

Akhirnya sampe jugaa..

Pas sampe, udah dipastikan ga mungkin kita balik lagi ke Jakarta (kasian yg nyetir juga), yah mau ga mau kita cari penginapan yg ada disekitar situ sambil nenangin salah satu temen kita si Ipey yang ketar ketir krn besok mustinya dia masuk kerja (yang mau gimna lagii..msa kmu mo pulang sendiri Pey).

Setelah muter2 dan nanya2 sana-sini, akhirnya kita dapet di Penginapan HEXA, lokasinya persis di pinggir pantai (sama seprti pnginapan lainnya), kita dapet 1 kamar kosong seharga 250rb utk semalam, harganya udah gak bisa ditawar lagi dan memang karena sekarang long weekend hampir semua penginapan udah fully booked! Berhubung kita udah cape banget dan kita gak punya pilihan lain..yaudah kita ambil kamarnya!

Kamar di Penginapan Hexa ini ternyata lumayan besar juga untuk kita ber5 walopun cuma ada 1 kasur king size, TV, meja rias and satu bangku..yg penting ada tmpt buat istirahat and tidur. Dikamar kita bersih2 dulu and keluar sebentar untuk nyari makan. Tempat kita makan agak jauh dari penginapan, malah hampir sampe ke pertigaan pertama kali kita sampe di daerah Ujung Genteng. Kita lihat tempatnya lumayan rame, jadilah kita mesen nasi goreng disitu..alhamdulillah, kita gak kecewa sama makanan dan harganya! Kenyang makan, kita langsung balik ke penginapan dan istirahat.

Paginya kita baru sadar kalo penginapan kita ternyata asyik banget tempatnya, halamannya luas, banyak pohon and bangunannya oke, ada fasilitas kolam renang, taman bermain, kantin and yg pasti persis depan kamar kita udah pantai...niceee banget :)

Pemandangan kamar kita dan what we can see from our patio :p

Langsung deh kita keluar untuk cari spot buat nikmatin pantai yg berada persis diujung selatan pulau Jawa ini...udara pagi itu bener2 fresh, anginnya dingin, walopun mataharinya kurang bersahabat, tpi itu ga mnghalangi kita utk berlama2 main dipantainya. Bisa dibilang pantai Ujung Genteng ini belum semuanya terjamah, mungkin karena kurang promosi atau juga krn aksesnya yg jauh dan jalanannya yang rusak parah. Tapi yang pasti disni pantainya bagus banget, pasirnya bulat and banyak batu karang utk nikmatin pemndangan jauuh ke samudera hindia. Satu hal yang bikin kita ga bisa lama2 main dipantainya adalah Ombaknya...sumpah, arusnya deres bgt, pdahal kita main gak lebih dr 5 meter dari pinggir pantai, tpi arusnya udh kerasa...kayaknya bener yg org bilang, pantai selatan memang lebih berbahaya dibanding pantai lainnya, mungkin krn dia berbatasan langsung dengan samudera yaa..dunno, yg jelas, musti hati2 kalau mau berenang disini!

Ujung Genteng Beach n View ;)

Puas main air di pantai, kita bersih2 di kolam renang and siap2 balik ke Jakarta...another 11 hours trip to go! semangaat ya GO!!

Kenangan di Ujung Genteng jelas seru, yg paling seru udah pasti perjuangan kesananya and ternyata ide2 yg dadakan gitu malah bikin semuanya jadi exciting :)

Cuma sedikit yg disayangkan, perhatian pemerintah atau mungkin kepala wilayah sana terhadap potensi pariwisata pantai yg luar biasa kaya ini sangat2 kurang, akses jalan yg parah serta berlubang besar2, keadaan ini selain bisa memperlambat jalan pengunjung, juga jelas membahayakan (kita sempet liat depan mata kita sendiri motor jatuh krn tidak bisa mengindari lubang) gak kebayang deh klo hujan, pasti lebih parah kondisinya...belum lagi, bangunan or warung2 pinggir pantai yg bikin suasananya terlihat lebih kumuh. Yang pasti sarana dan prasarananya disitu amat sangat minim :( untungnya pemandangan pantai Ujung Genteng yg bagus bisa membayar semua kekecewaan kita :)