Monday, February 28, 2011

Jajanan Pasar Khas Indonesia

Ngomongin soal jajanan pasar khas negara kita ini pasti gak akan pernah ada habis2nya walopun dijabarin sampe 7 hari 7 malem (ngalah2in selametan :P) Well, it's no wonder sih kalo menurut gw. Kebayang donk berapa banyak suku, adat-istiadat, tradisi dan kebiasaan yang ada di negara kita Indonesia? Thousands of millions maybe (lebaaay). Dan ditiap2 daerah punya ciri khasnya masing2 mulai dari pakaian, tempat tinggal, bahasa (terutama) dan yang pasti makanannya. 

Disatu daerah/suku bisa aja rata2 penduduknya suka makanan yang rasanya aga manis, such as suku Jawa yang hampir ditiap masakan jenis apapun ga pernah ketinggalan ngasi gula (contoh terdekat nyokap dirumah -__-) Ada juga suku yang rata2 penduduknya suka makanan pedas or at least it was well-known seperti itu, contohnya suku Manado or Padang yang terkenal sama rendang and sambel wokunya yang dahsyat itu.

Selain makanan inti, tiap2 daerah itu juga punya makanan kecil or kue khas nya masing2. Berhubung gw suka banget sama yang namanya kue2an, so yang akan dibahas disini adalah jenis2 kue cemilan khas yang paling sering gw beli. 

Kue basah, apapun nama, rasa dan bentuknya, pasti gw suka..apalagi yang berbahan dasar santan atau ketan. Rasanya enak, gurih dan penampilannya menarik. Ukurannya bermacam-macam, tapi yang jelas cukup untuk jadi cemilan di saat santai sambil ngopi, nge-teh atau nge-jamu tamu.

Honestly, sekarang ini udah langka banget bisa nemuin tukang kue basah keliling yang biasa ngejualin dagangannya lewat gerobak pikul, gerobak dorong or gendongan. Kue2 macam kelepon, rangi, kue putu, surabi dan bubur sumsum sekarang kebanyakan dijual ditoko or outlet seperti Monami, Le Gourmet ato Holland Bakery yang udah pasti harganya jadi lebih mahal karena dijual diruangan berAC dan berpackaging menarik. But still, buat gw, rasa jajanan pasar yang dijual di toko gak akan pernah bisa ngalahin jajanan pasar yang sesungguhnya ditambah lagi jajanan pasar non-toko harganya juga lebih murah.

But kembali lagi itu masalah selera dan lidah orang yaaa..nah daripada panjang2 ngomong, mending gw pajang aja foto2 kue khas Indonesia yang sudah pasti jadi favorit gw dan "mungkin" favorit yang lain juga :D

Anyway, penampakan kue2 basah dibawah ini bukan contoh kue yang dijual dipasar yaa (or maybe they are..dunno) but yang jelas tetep bikin diriku drolling tiada henti >__<
Kue pertama yang akan gw pajang disini adalah Kue Putu. Ternyata (telat nyadar) Kue Putu itu banyak macemnya juga, yang ngebedain cuma bahan dan bentuknya aja. 
Kue Putu Original (asal aja deh nyebutnya)
Adalah jenis kue putu yang paling populer dan paling susah ditemuin sekarang. Biasanya si abang2 ngejual pake gerobak or pikulan keliling kampung2. Di daerah kostan gw, sesekali masih suka ada yang jual. Gw bisa dengan mudah mengenali Tukang Kue Putu karena suara pluit khasnya yang nyaring itu.

 

Paling seru ngeliat si Abang pas lagi bikin kuenya, so dia masukin adonan warna hijau kedalam batang bambu yang udah dibolongin dalemnya, trus cetakan itu ditaro diatas kukusan ajaib yang biasanya terbuat dari kaleng minyak kotak yang dibolongin kecil ditiap2 ujungnya...cuangeeeh bener deeh! Pas mateng, langsung kecium bau gurih dan manisnya si Kue Putu.

Selain Kue Putu "Original" ada juga yang namanya Kue Putu Mayang. Nah yang ini juga ga kalah enaaaknyaa.  


Berhubung selalu terima jadi dan tinggal makan, boleh lah sekali2 posting cara buatnya..siapa tau one day gw tergerak mau bikin juga..Amiiin :D

Bahan2nya :
  • 250 gram tepung beras
  • 125 gram tepung sagu
  • 250 cc air
  • 125 cc air santan
  • 1 sendok teh garam dapur
  • ½ sendok teh vanili

Bahan Saos Kincanya :
  • Santan 500 cc (dari buah kelapa)
  • Gula pasir 50 gram
  • Gula merah 200 gram
  • Garam 1 sendok makan
  • 2 lembar daun pandan
Cetakan untuk Kue Putu Mayang

Cara Membuatnya :
  1. Air di didihkan, lalu masukkan tepung beras, vanili dan garam, aduk hingga merata
  2. Masukkan sagu dan santan encer, aduk rata. Tuang dalam cetakan putu mayang. Tekan hingga adonan keluar berbentuk seperti mi sambil dibentuk bulat. Kukus hingga matang
  3. Untuk membuat saus kinca ; campur semua bahan jadi satu, masak hingga mendidih
  4. Sajikan kue Putu Mayang bersama dengan saus kinca
Copas menu dari SINI :p

My favorite jelas yang warnanya Ijo, karena terbuat dari Daun Suji jadi rasanya lebih gurih dan wangi.

Next adalah jenis Kue Putu lain yang namanya Kue Putu Ayu. Jenis yang ini yang paling banyak terlihat dijual dipasar karena bentuknya yang praktis, so ga perlu dibuat dulu dan ga perlu repot2 nuang saos segala. Pokoknya tinggal dibuka plastiknya dan dimakan.


Lastly adalah Kue Putu Modifikasi (ngasal lagi). Yang jenis ini kayaknya tinggal pinter2nya yang masak dan berkreasi deh, tapi yang jelas it still looks good and yummy!



Kue Klepon.
Kue mini, imut dan manis. Rahasia dari kue ini terletak didalamnya, sensasi lelehan gula merah bercampur gurih dari kelapa parut dan adonan kue yg kenyal dan lembut.



Kue Rangi
Kue yang hampir hilang :( kue gurih yang gak akan pernah tertandingi rasanya oleh kue apapun juga. Rasanya, aromanya, teksturnya..beda! Paduan kelapa dan gula merah plus aroma nangka diatasnya bener2 bikin nagih. I want kue rangii :((




Kue Surabi / Serabi.
Jajanan khas Solo yang enaknya kerasa sampe ke Jakarta. Awalnya kue surabi ini bentuknya polos dengan rasa gurih asin trus dimakan pakai saus gula merah dan santan. But now, varian kue serabi udah bisa ngalah2in varian Pizza karena bisa dikasi topping macem2. Dari topping manis seperti coklat, susu, meses trus topping gurih like keju, daging, sosis sampe yang hanya plain aja dengan rasa pandan, coklat dan vanilla.  Selain rasanya yang enak, cara ngebuat kue ini juga menarik karena dia dimasak diatas kayu bakar dengan alat cetakan khusus yang terbuat dari tanah liat.



Bubur Sumsum.
I LOVE IT, gada kata lain yang bisa menggambarkan betapa sangat sukanya gw sama makanan yang satu ini. Dulu dideket rumah ada Mba2 yang jual keliling sambil gendong panci gede yang berisi bubur sumsum putih, bubur sumsum cendil dan 2 botol plastik gula merah dan santan. Gw adalah pelanggan tetap nya dari dulu. Tapi sekarang semenjak ngekost, gw cuma bsa beli sesekali pas pulang ke rumah or kalo lagi kepengen banget ya beli di Monami.




Kue Bugis
Another favorite of mine, rasanya kenyal, manis, gurih, wangi apalagi yang terbuat dari ketan item...nyeeeuum.




Kue Ketan Srikaya
MY MOST FAVE OF ALL *ngiler ngiler ngileer







Kue Lupis
Jajanan pasar yang lagi2 terbuat dari ketan dan lagi2 become my favorite as well :D





Yaak..itulah beberapa kue2 yang sukses ngebikin rencana diyet sayah berantakan -__-

*All pics courtesy dari Om Google plus dari beberapa site yang namanya ada dimasing2 gambar..thanks for making great pics dan sukses bikin sayah terngiler2.

2 comments:

  1. Jajan pasar punya indonesia mememang nikmat semua, terima ksih informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJUUUU..makasih sdh leave commentnya :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...