Wednesday, September 28, 2011

Hong Kong Trip (21-25 Sept 11) - Day 1

Day 1 - Keberangkatan

Akhirnya..HK Trip terwujudkan juga..after penungguan sekian lama..*overdramatized..cih!
Rasanya sih udah jangan ditanya..seneng, excited, deg-degan campur aduk, sampe gak bisa tidur boo..*maafkan kekampungan saya :(

Urusan packing udah ready semua and kesusun rapi didalem koper ukuran medium. Kemarin sih sempet kepikiran mau bawa koper yang segede bagong, tapi eke takut nanti malah jadi repot, belum lagi mikirin kalo sampe excess *macam mau belanja banyak ajeee!* but eniwei, gw sempet baca info kalo harga koper di HK itu murah-murah koq, so gw pikir kalo memang gak muat nanti bisa beli koper disana aja lagi *gaya borju! pluuus, gw udah bawa tas jinjing cabin size juga buat spare...pokoknya urusan koper-koperan udah cingcay laah!

Set 6am gw berangkat dari kostan. Awalnya gw niat pergi pake taksi, tapi karena gw lupa inform ke driver kantor kalo hari ini gw cutay, alhasil dengan santainya si pak driver udah anteng nunggu gw didepan gang seperti biasa. Yaudaahlahyaa, daripada mubazier, gw minta tolong aja dianterin sekalian keairport. Ntar tinggal kepelin uang rokok aja pulangnya :p

Our flight was actually jam 11am, cuma tau sendiri kan jalanan Jakarta, belum ngantri di loketnya trus penyakit ngaretnya, trus peraturan standby di loket 2 jam sebelum boarding, trus dll, dsb, dst! Pas gw sampe airport jam 8 pas, bener aja gw jadi yang paling pertama sampee..Icha and Epoy bilangnya masih ditol..tau deh tol yang mana..and ijah dengan jujurnya bilang masih di cibubur (maaak!!). This is going to be a very long wait! sigh!

Luckily, gak sampe setengah jam anak-anak udah sampe semua (mereka puyeng kali gw teror lewat tlp nanyain posisi melulu :p). Pas udah lengkap semua, kita langsung check-in, ngantri imigrasi (gak perlu nunjuk2in NPWP lagi dooonk..GOOD PROGRESS) and tinggal nunggu boarding..weew muka kita sumringah semua eeuy, cant believe we finally fly together to HK. Yeaay :)

Kita berangkat pake maskapai ValueAir, bukan karena mau coba2 pesawat murah selain Air Asia ya, tapi memang waktu pertama kali kita booking, VA ini yg ngasi harga paling murah (sama ajaa duul), walopun jam terbangnya bener2 gak flexible (a.k.a. sampenya malem2 - pulangnya pagi2) tapi harganya cukup reasonable lah buat kita yang budget traveller ini *gw maksudnya :P Each of us hanya kena IDR 2.3jt PP. Untuk keberangkatannya kita musti transit dulu di Spore selama 3 jam and untuk returnnya kita overnight semalam di Spore...*akhirnya mampir lagi ke Spore..yeaay :)

Set 11.10am WIB kita took off (gak pake acara delay..alhamdulillah). Pesawat VA lumayan juga ternyata, well, kurang lebih sama sempit luasnya sama Air Asia. Selama penerbangan kita disediain roti coklat sama mineral water setengah gelas (tetep alhamdulillah, setidaknya kita gak seret-seret amat).

After 1 hour and 45 minutes, we safely landed di Changi Airport terminal 2. Setelah keluar dari pesawat, kita tinggal mikirin mau ngapain aja untuk ngabisin waktu transit selama 3 jam ini. Yang mau muter2 sambil ngelap iler ngeliatin outlet2 sepatu n tas silahkan, yang mau langsung nyari sofa empuk buat selonjoran sambil nyarger HP juga silahkan, yang mau langsung nyari makan juga silhakan. Disini udah pasti pilihannya buanyaaaak boo! Pokoknya terseraah deh mau ngapain! But untuk kita, yang pertama dilakukan udah pasti nyari makaaan..berhubung belum ada yang sarapan semua, kita langsung kalap pingin makan besar, and the choice goes tooo...BURGER KING..*eaaa

Jauh-jauh ke luar negeri, nongkrong di terminal canggih sedunia, eeeh makannya tetep aja BK (di Semanggi juga ada kaleee). Tapi yaudahlah yaa, namanya juga perut "naga" makan snack2an sih udah pasti not our "cup of tea" halagh!

Kenyang makan, udah pasti enaknya selonjoran di sofa sambil nyarger HP, mainin wifi, check-in foursquare, twitteran, FBan (hadeeh eksiss bener *baca:mameer :P) akhirnya kita nemu satu spot maknyus yang wifinya kenceng (minta password wifinya di pusat informasi yaa), banyak colokan (gak perlu rebutan sama traveller yang lain), sofanya buanyak and empuk (gak perlu dapet tatapan sinis sama yang lain karena pingin ngerasain sofanya juga), pemandangannya bajuus, AC nya suejuuk and most importantly..the smoking area is right infront of us..yaaaay yaaay yaaay!

Oiya, sekedar informasi..walopun sistem flight yang kita pakai itu transit, kita gak perlu kuatir deh urusan pindah2 luggage, karena itu semua udah diurus sama pihak Value Air. Jadinya kita tinggal bawa barang yang ada di cabin aja..nah berhubung kita transit sebentar, udah pasti gak perlu dealing sama pihak imigrasi. So means kita tinggal santai2 ajaa :)

One thing i like the most about this airport (aside from its amazing building, interior, facility, cleanliness, well-organized etc2) is their facility for a Smoking traveler! I know in Spore smoking area are very limited and their regulations are also super strict..however, they managed to provide the smokers a "humanized" smoking area facility. Not like what i know in Indonesia, where they treat us smokers as an infectious diseases, they put us all in a see-through room, isolated and become other people's tontonan... :( sediih rasanya :(

In here, the smoking room was awesome, spacious, teduh, cozy banget, pemandangannya juga bagus, bangkunya banyak plus pake air mancur mini segala (niat bener yaa), pokoknya langit-bumi deh sama di Indo..yah walopun pengalaman ke smoking room gw gak banyak2 amat, tapi 3 kali juga udah cukup bikin bad experience! contohnya smoking area di GA lounge..tempatnya seempiit amir, bangku depan sama bangku belakang musti senggol2an pantat dulu, belum lagi posisi tangan yang mati gaya *takut2 malah nyundut orang! trus di Soetta (ada gak sih? gw biasanya selalu nongkrong di pintu otomatis samping lift luar, ada colokannya soalnya) klo udah lewat imigrasi, tempat ngerokoknya cuma di cafe depan gate aja, itupun musti beli sesuatu dulu and lastly di airport Juanda Surabaya..yang ini malah gak kalah "gak-manusiawi" nya, bangkunya sedikit, tempatnya kecil, udah kaya ikan sarden saunaan, dempet2an plus diasepin..keluar dari ruangan itu dijamin rambut, baju berasep semuah..diih :(

Emang sih tujuan negara kita bener, kalo suasana ngerokoknya diciptakan sedemikian bikin ilfeelnya, pasti kita jadi males merokok..bener koq, Hotel sekali malah..*baca : mulia. Tapi kaan..kan..kita punya hak sebagai perokok juga, kita juga tau diri untuk merokok pada tempatnya, masa iya ngerokok sembarangan, depan anak-anak, depan manula, depan yang gak ngerokok, tempat umum..emangnya kita supir angkoot or penumpang "kampungan-berwawasan sempit-gak tau diri-gak punya manner-dan-tata krama" -hadeeeh panjang amat hinaannya! yang seenak jidatnya ngerokok disembarang tempat...Im a good smoker koq, a well-manner kind of smoker malah...(curhat plus OOT Paraaahhh...)

Well enough said..its time for us to continue the trip to HK..yeaay (yeay mlulu)..HK were comiing!

Our trip will take time for about 4 hours, lebih lama pastinya! tapi aneh nih VA, masa pas giliran penerbangannya lebih lama, kita malah gak dikasi roti lagi? (ngareps)..apa mungkin mereka pikir tadi udahan yaa? well dunno, yang pasti daripada nanti kita jadi laper gara-gara mata melek melulu, mending merem-merem ayam deeh..Annnd my heart beats so fast!

Setelah mati gaya ngerubah posisi senderan di bangku kaku and spacenya sangat terbatas itu, kita akhirnya kebangun and langsung liat keluar jendela...well, we can see it from a long distance the super bright citylightnya HK, yess yess yess! kata om pilot udara HK saat itu sekitar 19-20C, well, lumayan berangin deh, untung bawa syal and jacket!

We landed at 7.45pm waktu setempat, keluar pesawat, ambil baggage, lanjut imigrasi (rokok ku selameet..horaay) kita tinggal ngikutin arah keluarnya orang-orang deh. Sesuai rencana sebelumnya, kita memilih untuk naik Airport Express (AE) MTR aja dibandingin Taxi or MTR Regular (walopun kita sampenya ndak terlalu malam), alesannya sih simply karena biaya taxi mehong dan AE MTR ini bisa langsung bawa kita ke daerah tujuan tanpa berhenti disetiap station!

Inside AE

Untuk menuju AE MTR, kita tinggal cari petunjuknya aja, it's so clear koq and you wont missed it. Pas sampe di gate kita langsung cari loket yang jual Kartu Octopus Khusus AE MTR (it's different sama Octopus MTR Regular yaa) dikarenakan kita pergi ber-4, petugas tiketnya yang masih muda-muda itu *penting! langsung nawarin kita tiket group seharga HKD220. Kalo beli sendiri-sendiri, perorgnya kena HKD 90 utk ke daerah Kowloon and HKD100 utk ke daerah Hongkong Island/Central, lumayan banget kita jadi hemat HKD35 :D Nah diloket ini kita juga bisa sekalian beli si Kartu Octopus Reguler yang fungsinya lebih mandraguna..pokoknya Kartu Saktinya orang HK deh. Punya kartu ini hukumnya wajib, kudu, musti, harus, fardhu pokoknya..yah kalo kalian milih untuk jadi repot yah silahkeun aja..kita mah No..no..no!!

Kartu Octopusnya kita beli seharga HKD 150, harga ini including deposit sebesar HKD 50 yang akan dikembalikan lagi ke kita pas mau balik ke Jakarta trus HKD 100 untuk biaya transportasi selama di HK. Misalkan dananya berkurang, tinggal dicek dimesinnya trus direfill deh..easy..super easy!

ini penampakannya tiket Airport Express Group itu

Ternyata Airport Express (AE) HK bener2 canggih ya, cepet, bersih, well-organized and nyamaan bangeet..bener2 iri deh *ngayal kapan negara kita bisa punya kendaraan sakti mandraguna kya gitu..*plaak kebangun lagi. Petunjuk2 yang ada di dalem AE juga jelas and menarik banget, dijamin gak bakalan nyasar dan salah turun..yang penting kita udah tau tujuan and tempat kita berhenti. Buat gw pilihan kita untuk naik AE MTR bener2 pilihan tepat (memang harganya lebih mahal, tapi buat new comer kaya kita, yang penting kenyamanan dan keamanan musti nomor satu)

Tujuan kita sekarang adalah ke daerah Tsi Tsam Sui, Nathan Road, Kowloon..so kita turun langsung di Stasiun Kowloon, ikutin petunjuk ke arah free shuttle bus dan nanti kita liat ada petugas yang ngebantu ngarahin kita ke lokasi busnya. Pas sampe dilokasi shuttle bus, kita langsung naik bus No. 3, rute busnya akan berhenti di Hotel Holiday Inn Golden Mile HK, nah hotel ini berada persis dibelakang Hostel kita Chungkin Mansion. Pas turun dari bus, kita tinggal belok kiri and jalan gak sampe 50m. We already seen our Hostel.

Pas kita bener-bener berada di jalan Nathan Road, perasaan worried langsung ilang seada-adanya, biarpun saat itu kita sampenya udah malem, cewe-cewe ber-4, bawa2 koper segede bagong and mukanya bener2 tourist abeees..tapi perasaan was2, takut, ngeri and kuatir..gak ada sama sekali. Kita lihat sekeliling kita semuanya serba terang benderang, rame orang macem2 rupa warna mukanya, gemerlap kota HK bener2 swapped our worried off! Amazing.

Pilihan tempat nginep kita di Park Guest House Lt. 15 Chungking Mansion, Nathan Road TST Kowloon. Hostel ini jadi pilihan terakhir kita karena tempat lain udah full. Untuk harga ya gak bisa dibilang murah juga, karena biaya perorgnya IDR220 which means kamar itu sendiri semalemnya seharga IDR900k. Dari awal kita udah bisa ngebayangin kamar kita pasti ga bakalan gede (typical hostel2 HK lah) tapi yang terpenting lokasinya musti strategis buat kemana2 and bersih. Akhirnya keinginan itu semuanya terwujud, kamar boleh kecil, tapi karena bersih, wangi and deket kemana2..kita gak terlalu menyesal booking disana. Satu2nya hal yang sedikiiiiit (banyak) mengecewakan hanya fasilitas lift dari gedungnya karena untuk bangunan sebesar itu dan dengan jumlah penghuninya yg sebanyak itu mereka cuma nyediain lift 2 buah..yesss only 2 lift dengan kapasitas max 8 org (beneer, ga salah baca) so kebayang doonk, gimana suasananya? kita musti ngatriii kurang lebih 15mntan hanya untuk naik lift, apalagi kalo sambil bawa koper bagong..waah selamet deeh..untungnya kita sliym sliym laah yaaw..so sama koper juga masih muaat :p

Sampe kamar (setelah perjuangan panjang), beres2 bentar, ganti baju and langsung keluar kamar lagi buat menghirup udara Tsi Tsam Sui at Night..HK at night was supperr amazing :) sampe kamar jam 1 malem n langsung istirahat..perjalanan baru saja akan dimulai..horaaay :)