Sunday, October 5, 2014

Menghitung Hari

Gak kerasa usia kehamilan gw udah resmi masuk ke minggu 38 + 2days. Dan sesuai judulnya, tiap hari perasaan gw deg2an and harap2 cemas menunggu gelombang cinta dari si Bebe muncul.

Jadi menurut hitungan HPHL dari dokter, Bebe seharusnya lahir di tanggal 17 October. Tapi menurut hitungan dokter (juga) estimasi itu bisa maju sekitar 2 mingguan. Nah berdasarkan prediksi2 itulah, kemungkinan terbesar Bebe lahir sekitar awal2 bulan October, which is di minggu2 ini.

Tapi sebelum gw cerita lebih lanjut, sekitar seminggu yang lalu, pas tengah malam gw ngerasain perut gw kenceeng banget, dan pas dicek ternyata ada sedikiiiit bgt flek coklat gitu. Berhubung gw mommy rock and roll. Gw cuma liat sekilas dan tidur lagi (beda tipis ma gebluk yak!) Besok paginya donk gw baru sadar kalo gejala flek itu kan mestinya buru2 dikabarin ke dokter (laaaah..telaat) so siangnya gw inisiatif aja ke JMC sekalian kontrol. Eh, pas smpe sana ternyata Dr. Shinta lagi ndak praktek dan cuma ada Dr Obgyn lain. Ya secara kita udah disana, so siapa aja yang ngecek ndak masalah lah ya. Setelah nunggu beberapa saat, tiba lah waktunya gw di USG. Cek sana-cek sini, si dokter ini bilang koq perut gw kerasa bgt kaya papan and dia nanya apa ada rasa2 kontraksi? gw yang notabene gak tau kontraksi kaya apa rasanya cuma bilang, yah kemarin sih sempet beberapa kali nyeri and sakit pinggang kaya orang dapet, tapi cuma sebentar2 doank sih. Trus si dokter jawab, nah itu yang namanya kontraksi, rasanya nyeri kaya org lagi dapet haid. me: Ooooooo...

Sambil jelasin itu, si dokter tetep sibuk ngarahin alat USGnya di perut gw sambil aga diteken2. Gw yang emang lagi ngerasain perut kenceng, pas diteken gitu malah kesakitan yekan. Trus tiba2 si dokter bilang, ini kayaknya udah kontraksi deh, coba saya cek dalam ya?! Me : hhhmmmmmm (pasrah). Setelah dicek less than a minute, tiba2 (lagi) si dokter bilang "wah, ini udah pembukaan 1 nih" Me and BBP : Bengong 0__0

So yes, mendengar kalimat barusan langsung bikin deta jantung gw bunyi gak keru2an. Ya gimana mau santai, wong niatnya cuma mau cek ala2 aja koq, lah malah dikasi tau udah pembukaan. Itu kan artinya tinggal menghitung menit, jam dan hari aja sebelum the big day! 

Cuma dokter ngasi sedikit penjelasan dengan bilang bahwa dia musti tanya ke dr. shinta dulu untuk penanganan lebih lanjut. Alesannya karena usia kandungan gw belum masuk 37w, well kurang 2 hari lagi sih, tapi tetep masih rawan. Alhasil dokter nyuruh gw ke ruang persalinan untuk proses rekam jantung selama kurleb 20 menit dan di suntik obat penguat paru bayi dulu.

Setelah hasil rekam jantung dilaporin ke dokter shinta, gw pun diminta untuk pulang dan istirahat sambil terus ngawasin pergerakan Bebe. Dan misalkan gw kejadian flek or cairan, gw mesti langsung buru2 ke RS. 

Seminggu setelah drama pembukaan 1 itu, ternyata nothing has happened again tuh. Gak ada yang namanya kontraksi2 heboh, flek let alone water broke. Dalam hati sih gw bersyukur alhamdulillah karena itu artinya gw masih bisa ngantor untuk kelarin sisa handover to my substitude. Tapiiiii...justru orang2 disekitar gw yang udah pada heboh minta gw untuk segera istirahat dan anteng2 aja. Honestly, gw kalo diem2 gitu yang ada malah sutress, karena pikiran ini kan fokusnya jdi cuma ke proses lahiran aja...so dengan kekeuhnya, gw memutuskan untuk tetep ngantor sampe dengan tanggal 1 Oct.

Nah kebetulan juga, pas tanggal 1 itu jadwal kontrol gw berikutnya. Kali ini ekspektasi gw sih biasa2 aja, plingan cuma mau liat kondisi Bebe dan yang lain2nya. Sampe sana ge ngecek jam 11an dan ketemu dgn Dr. Shinta. Kebetulan ngeceknya aga kilat karena dia mesti buru2 pergi untuk operasi. Nah pas ngecek gitu, trnyata si dokter bilang kalo ketuban gw berkurang, so lagi2 gw mesti rekam jantung dan suntik paru lagi dan setelah keluar hasilnya baru deh dokter akan info what to do next. Dan pas gw mau ke ruang rekam jantung itulah si dokter bilang "besok balik lagi kesini ya, dan untuk jaga2 langsung bawa baju ganti juga, kalo hasilnya gimana2, besok biar sekalian diinduksi" Me : EEHHHH?? Induksi????

Masih setengah sadar, gw pun mencoba pelan2 mencerna apa maksud omongan si dokter tadi. Dan suddenly baru sadar, klo diinduksi, berarti gw udah harus nginep di RS donk, berarti gw udah mau lahiran donk, berarti gw udah ga balik2 kostan lagi donk? Nah trus pindahan gimna, kan belum kelar, terus ini belanja baju bayi aja belum samsek, trus perlengkapan untuk keRS belum ada yg disiapin samsek, trus belum kelarin bbrpa hal lain....dan seribu pertanyaan gimana2 lainnya!

But well, gw berusaha untuk calm down myself dulu and ikutin aja proses rekam jantungnya ini. Kelar cek semuanya, si bidan inform ke dokter dan bilang klo kondisi Bebe, alhamdulillah sehat2 aja. Itu artinya gw masih boleh pulang untuk istirahat (lagi) dan kembali lagi besok untuk final resultnya.

Karena gw masih berasa fine2 aja, alhasil dari JMC, gw kekeuh maksa BBP untuk cuus ke ITC Cempaka Mas buat belanja keperluan si Bebe.........yeees, I know, banyak koq yang complen koq ya masih sempet2nya gw nge-moll. Tapi believe it or not, it's my way to distract all of the H2C. So selama gw merasa ok2 aja, jalan2 ke moll mah ndak masalah lah ya....

Lanjut di post Belanja untuk Bebe ;)))

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...