Tuesday, July 10, 2012

Usus Buntu :(

Akhirnya pertahanan imun body gw luruh juga, setelah hampir 11 tahun tidak mengenyam kasur rumah sakit (rayaap kaleee), akhirnya Rabu kemarin gw ambruk dan tidak berdaya..*halagh

Dan sebagai orang yang anti Rumkit, jarang sakit dan ga pernah dirawat, berita gw jatuh sakit sampe masuk rumah sakit sempet dianggap sebagai isapan jempol belaka (berasa artis). Most of my friend dan "ironisnya lagi" abang2 gw masih ga percaya gw sakit, alhasil dengan setengah sadar gw berusaha sekuat tenaga untuk fotoin infusan yang ada ditangan gw dan langsung gw pajang di profile BBM (niatnya sih biar boss tau gw sakit). Tapi itupun masih ada yang bilang bukan tangan gw..ebuseeeh! Ga abis akal, gw foto lagi dengan sekuat tenaga *ini lebay* si infus plus penampakan kuku cantik gw, dan barulah mereka ter'herman-herman dan sadar..(tepokjidatsusterdisamping)




Kejadian gw masuk rumkit ini bener2 serba dadakan (masa iya direncanain). Pas bangun tidur di hari Rabu itu gw emang udah ngerasain sakit ga ketulungan di perut bagian bawah, pikiran standar gw bilang ini "Turun Berok". Untuk mengurangi rasa sakit, kelar mandi dan udah mau siap2 jalan, gw masih sempet2nya berakrobat angkat kaki tinggi2 ke tembok sambil naro bantal dipinggang plus mijit perut kearah atas pelan2. Tapi berhubung udah mau jam 8 dan gw musti berangkat, jurus akrobatnya cuma bisa dilakukan dengan singkat dan alhasil tidak manjur, jadilah gw setengah mati nahan sakit tetep berangkat ke Daan Mogot buat training SAP.

Selama diperjalanan, penderitaan gw tetep gak berkurang, setiap pak supir ngelewatin lobang gw meringis, setiap ngomong dikit gw meringis dan setiap batuk gw beneran berasa mau nangis sangking sakitnya.

Untungnya gw bukan orang yang suka terlalu menghayati rasa sakit (kaliiii), thus sesampenya di Daan Mogot gw tetep training seperti biasa. Tapi tetep aja muka gw jadi pucat pasidan jelas2 ndak bisa dibohongin. So setelah saran beberapa temen yang berfikir gw seriusan sakitnya (masa boongan) akhirnya gw memutuskan untuk segera pulang dan ngecek ke Rumah Sakit JMC - Buncit. (Biar gampang pulangnya dan lebih deket kekostan.)


Sesampenya di JMC, kondisi badan gw mulai memburuk, selain karena gw ga bisa berdiri tegak dan musti jalan aga mencong kekanan (nahan sakit boo), gw juga mulai menggigil kedinginan dan meriang. Untungnya gw ga perlu ngantri lama2 dan akhirnya pas dicek sama Dokter Umum plus cek angkat2 kaki kanan, dia bilang ini udah otomatis gejala Usus Buntu/Appendix. Tapi untuk memastikan, gw musti cek darah plus cek urine dan kalo memang positive, mau ga mau gw musti di opname saat itu juga :( 

Perasaan kalut, takut, worried udah mixed bercampur aduk, selain takut gw juga ngerasa masa iya musti diopname (masih sempet loh gw mikir itu). Dan ini untuk kali pertama gw diinfus secara sadar karena infus pertama masih kelas 4 SD gara2 demam berdarah dan infus kedua karena kecelakaan dan tau2 udah di UGD (penting yaak). So deg-deg an geelaa ini ceritanya.

Dan bener aja, setelah hasil lab keluar, gw positif musti diopname, dan selain Appendix, dokter bilang gw ada infeksi di saluran pipis gw juga..dan karena hal inilah gw musti dicek dulu apakah tindakan operasi perlu dilakukan saat itu juga or no. Kalo kata dokternya mereka ga mau operasi apabila ini cuma infeksi bawaan aja.

Jam 7 malem gw resmi jadi pasien rawat inapnya JMC, setelah diinfus dan dicek darah (lagi) plus suntik alergi dan suntik lambung dan suntik antibiotik (Ampuuunnnnn Maaaaakkkkkkkkkkkkkkkk) gw istirahat sambil nunggu hasil cek Dokter Penyakit Dalam.

Besok paginya, gw dibangunin untuk suntik antibiotik (terampun2 gw sakit dan ngilunya), dan sekitar jam 10pagi satu suster bilang ke gw kalo ternyata si JMC ini ga kerjasama dengan asuransi kantor gw..duaarrr!!

Laaaah kenapa baru ngasi tau pas gw udah diinfuussss dan udah masuk kamar rawat inaap Susteerr??!!! Lah koq bisa seenak udelnya aja gw diinfus tanpa ngasi tau kalo gw ga dicover sama asuransi kantor??!! Kalo kaya gini ceritanya kan gw jadi repooot. Pantes aja udah 3 kali gw musti ttd surat pernyataan diatas materai untuk obat ini-itu, padahal mustinya gw udah ga mikirin urusan tetek-bengek endebla-endebli kaya gini misalkan gw udah pake asuransi. Karena gw mustinya dan memang sudah seharusnya cuma mikirin sembuh aja dan urusan payment2an akan diberesin pas gw udah check out, itupun tinggal urusannya rumkit ma asuransi dan asuransi ke kantor. 

Nah kalo kaya gini??? mau ga mau gw terpaksa musti deposit dulu (katanya biar ga kabor..ebuseeh), dan total deposit yang mereka request untuk perawatan gw cuma Rp. 10.850.000,- ajah gitu!

Sumpaaah, gw benci banget2 rumus2 rumkit yang kaya gini inih, mau apapun namanya, dimanapun lokasinya dan siapapun institusi pemiliknya, buat mereka bisnis is bisnis, mau sekarat kaya apapun si pasien, if u don't have the money than never expect to get an immediate treatment..it's a true story that happens all the time here dan udah jadi rahasia umum...*ngebayangin seandainya gw ditreatment sama dokter2 di ER -__-

PAS to the RAH!  NA to the SIB!

From satu kasus ke kasus lain. here comes another big disappointment (lagi sakit aja masih dicoba..sabaar1000x). Hasil dari BBMan ma temen2 yang nanya2 (masih bisa bbm-an koq gw), most of them bilang gw udah musti dioperasi dan most of them juga bilang kalo operasi usbun itu ga lama..malah ada yang bilang cuma perlu satu hari doank..ada yang masuk jam 11 pagi, jam 5 operasi dan jam 6 udah bisa pulang. Laah koq ini gw berhari2 yaaa? saat itu gw sadar klo gw udah ada di RS selama hampir 3 hari dan belum ada kejelasan tindakan apalagi yang musti dilakukan. Bingung dan ga betah lama2 dirumkit, gw tanya donk ke salah satu susternya, dan u know dia bilang apa? "kata dokternya salah satu pihak keluarga minta mba di appendiprogram jadi ya kita cek dulu dan hasilnya baru bisa kita informasikan nanti malam setelah dokternya datang sekitar jam 8 atau jam 9an........*hening

Koq berasa ada statement yang salah yaa? ini permintaan kita? dan baru ketauan nanti malem? Sebenernya ini mana yang pasien mana yang dokter sih? koq jadi pasien yang menentukan mau diapain selajutnya? koq musti satu dokter doank yang bisa ngecek? Koq ga bisa minta dokter lain yang ngecek? Emangnya gada dokter lain apa di rumkit ini? Heylooowwww...gw orang awam kaleee, mana gw tau appendiprog tuh paan..dan koq bisa2nya mreka bilang ini maunya keluarga gw? dan kalo gw musti nunggu dokter sampe nanti malem, itu artinya gw musti stay sehari semalem lagi donk di sini? *Masya Allah

Kenapa gw jadi merasa ditelantarkan gini yaaaah? Marah rasanya dan bener2 udah nyampe keubun2..akhirnya gw udah ga peduli lagi, setelah menumpahkan kekesalan gw ke suster yang notabene ga tau apa2 itu, gw ngotot pingin keluar dari rumkit itu dan pindah ke rumkit lain. 

Tapiii…nyokap berusaha setengah mati nenangin gw karena banyak alesan. Salah duanya adalah dia kuatir kondisi gw belum memungkinkan untuk pindah2 rumkit, dan dia kuatir gw musti dicek ini-itu lagi, dia kuatir gw musti ngadepin situasi yang sama dan dia juga kuatir seandainya kondisi gw malah jadi parah.

And omongan nyokap sukses seratus persen bikin gw mikir2 lagi..alhasil lagi2 gw musti pasrah nerima kenyataan dan menunggu si dokter datang nanti malam jam 9. Itu artinya, gw udah ada dikamar rawat inap for 3 nights..*sigh

Jam 9.30malam akhirnya si dokter datang juga, katanya dia datang "aga" telat karena pasien praktiknya hari itu lagi banyak *geleng2 kepala sambil ngebayangin pasien yang lagi sekarat dan musti nunggu dokternya selesai praktik dulu! Pas ketemu gw udah siap2 aja ngedengerin semua penjelasan dia. Dan hasilnya? Mereka mengijinkan gw pulang besok siang…zzzzzzz

Sambil menghela nafas panjang gw juga fokus menyimak omongan dia yang entah mengapa banyak masuk akalnya juga yaa...(apa jangan2 pendengarnya udah keburu pasrah mode:on).

Yang pasti menurut si Bapak Dokter Bedah yang bernama Dokter Jefferson, tindakan operasi yang tidak segera ditangani oleh mereka adalah semata2 untuk memastikan apakah si pasien (yang tak lain dan tak bukan adalah sayah) bener2 perlu dioperasi. Mengingat hasil lab sebelumnya dijelaskan bahwa ada dua indikasi penyakit yang disuspect dari pasien, yaitu infeksi saluran pencernaan dan appendix, maka perlu dilakukan cek yang lebih mendalam untuk menghindari tindakan yang tidak perlu dan juga untuk memastikan bahwa ini bukan penyakit infeksi bawaan. Melihat dari kondisi pasien (tunjuk tangan) yang semakin hari semakin baik dan sepertinya imunnya juga kuat ditambah lagi kelihatan banget kalo si pasien (lagi2 tunjuk tangan) badung karena punya penyakit tapi suka ga dirasa (statement sesungguhnya iniih), maka saran saya, sebaiknya tidak perlu dioperasi.

Berhubung suspect appendixnya masih dalam skala kronis yang artinya sakitnya bisa kadang muncul-kadang tidak, maka masih bisa ditangani dengan obat2an dan antibiotic. Skala kronis berbeda dengan skala akut, apabila pasien sudah dalam kondisi seperti ini maka tindakan operasi akan langsung dilakukan oleh Dokter meskipun tanpa persetujuan dari si pasien, lain soal apabila si pasien menandatangani surat penolakan operasi diatas materai, maka tidak ada yang bisa dokter lakukan. Tapi tetap dokter akan bersikeras dan meyakinkan keluarga pasien bahwa jalan satu2nya adalah operasi untuk menghindari kondisi yang lebih buruk.

Tapi disini saya bisa lihat bahwa kondisi Mba Anggie sudah jauh lebih baik dibandingkan 2 hari pertama, kemarin pas saya cek untuk kali kedua aja sampe gak ngenalin..pasti karena pas saya cek pertama kali sambil nahan sakit ya? (pake nanyaaa) So saran saya untuk 2 minggu kedepan rawat jalan aja dulu sambil pantangan makan.

Untuk saat ini keputusan operasi sudah sepenuhnya di tangan Mba Anggie dan keluarga, kalo memang kuatir akan kumat2 lagi, ya operasi adalah jalan satu2nya, tapi saya suggestnya tidak perlu karena operasi itu hanya enak diawalnya saja, efeknya baru akan terasa pas kita tua. Jadi kalo memang tidak pernah mengalami operasi apapun, lebih baik tidak usah sama sekali..kecuali kalo nanti mau operasi Caesar..kapan nih rencananya? *sambil ngelirik ke BBP

Jiaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhh..penjelasan panjang kali lebar kali tinggi plus enjelimet akhirannya malah KEPOOOO!! *getokjuganihDok

Jadi begitulah saudara2...nasib saya jadi pasien dadakan (wong ga pake babibu tau2 langsung diopname) selama 3 hari. 

Sekarang tinggal jaga makanan (makan pizza, chicken wings, donut ma ice coklat doank) plus jaga kesehatan! Insya Allah sehat teruuss....*buaaahhhh..sembursembur



0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...