Thursday, October 6, 2011

Belajar Jailbreak DIY ;)

Awalnya gw memutuskan untuk iseng nge-jailbreak (JB) adalah karena rasa penasaran mau selesaiin game GRT Adventures di ipad temen yang kebetulan gw mainin dan pas lagi seru2nya main tau2 dia musti pulang :( Sampai besoknya dikantor, game itu masih kebayang2 aja dan akhirnya gw iseng googling dan tau kalo game itu adalah game berbayar...Sedih dan kecewa pas tau gw gak bisa download sesuai harapan :(

Gw akuin selama ini gw selalu anteng2 aja download game free edition buat my Iphone n Ipad, yang kebetulan juga gw buat account Itunesnya secara Crack-an berdasarkan info di Kaskus, alasan kenapa gw gak bikin account legal adalah karena gw tidak punya Credit Card and kalaupun ada CC, gw gak mau kasi kesempatan buat siapapun atau orang manapun untuk dapat kesempatan memanfaatkan data CC gw seperti yang gw lakukan dengan buat account crack-an ini...but untungnya data yang gw pakai ini tidak termasuk CC detail, jadi hanya alamat/lokasinya aja..dengan begitu, gw bisa download macem2 applikasi yang biasanya lebih mudah dicari dan lebih lengkap seandainya kita pakai account USA!

Cuma ya itulaah, berhubung hanya gratisan, so mimpi untuk download game GRT Adventure gak bisa terwujud. Tapi dari hasil googling itulah gw baru tau kalo ternyata kita bisa aja download semua applikasi berbayar secara legal..caranya yaitu dengan meng-Jailbreak Igadget kita. From there i decided to do my own JB :D

Berhubung kerjaan dikantor lagi gak banyak, plus koneksi internet kenceng, mulailah gw berexperimen! first thing to do is we need to understand what JB is, fungsinya, plus minusnya, efeknya, kegunaannya and handle issues/error that may occur pas proses JB.

Khatam baca2 tentang jailbreak disini maka mulailah gw memberanikan diri untuk utak-atik, for your info sebenernya kita gak perlu takut2 banget kalo ternyata proses JB gak berhasil, karena kita masih selalu bisa untuk restore semua file2nya melalui Itunes..makanya penting banget untuk selalu memback up semua file sebelum proses JB dilakukan!

Caranya jailbreak sebenernya ga ribet2 amat, yang susah (buat gw yang super awam and nubie ini) adalah istilah2nya, so gw musti googling lagi untuk nyari artinya satu2 baru gw paham keseluruhan prosesnya.

Pertama2 kita musti nentuin dulu mau pake sistem JB yang mana, karena pilihannya ada banyak, contohnya sperti JailbreakMe, RedSnow, Greenpoison dll. Hasil dari baca sana sini akhirnya gw memutuskan untuk pake RedSnow, selain caranya gampang, katanya sih yaa...sistem ini terupdate terus. *to be honest, gw gak ngerti juga apa efeknya dengan update atau tidak update karena yang penting saat ini Ipad gw dipakai untuk download game GRT Adv itu :p *terobses :p

Kedua setelah nentuin pake RedSnow, kita liat lagi proses berikutnya disini, penjelasan dan step by stepnya diterangkan jelaas banget, sekali dicoba pasti bisa...intinya sih jangan males baca setiap detailnya dulu and ikutin prosesnya sesuai dengan yang dijelaskan!

Ketiga, setelah selesai ikutin proses JB nya, jangan lupa dilanjutin dengan proses pasca JB nya...and Whoiilaaa...my Ipad ter-jailbreak dengan sukses lalalalalala :))

Untuk mengetahui apakah Igadget kita udah ter-JB atau tidak caranya gampang banget, coba cari dan lihat apakah ada icon/applikasi yang namanya CYDIA (warna coklat), kalo ada berarti kita udah sukses meng-JB :) nah CYDIA ini adalah portal dari semua keasyikan yang bisa ditawarin oleh Igadget yang udah ter-JB dan pastinya bisa mulai mendownload semua applikasi berbayar secara legal :))

ini looh ikon CYDIA yang legendaris itu..heheh



Tips yang musti diperhatikan kalo mau jailbreak adalah:
1. Kita musti tau iOS gadget kita berapa, dari situ kita bisa nentuin sistem jailbreak apa yg bisa kita pakai.
2. Back Up semua data2 penting ke PC
3. Baca petunjuknya baik2 dan pastiin udah ngerti step by stepnya yaa..
4. Musti SABAR..kalo gagal coba lagi, klo udah mentok gagal..yah berarti emang udah rejekinya si tukang jasa JB :p

 
So...jangan takut coba2 hal baru kaya gini, emang musingin sih at first, but ull enjoy it once u know how :) Like i did..now i can enjoy and download any games i want for FREE and Full Version plus i can customized my Ipad display with thousands of background and themes :)

The How-To credits goes to :

http://appbuntu.com/jailbreak/faq/
http://marketronia.wordpress.com/2011/02/27/sumber-aplikasi-aplikasi-jailbreak/
www.macclubindonesia.com/forums/archive/index.php/t-75726.html

*Could've not done it without u guys :)

This is how my Ipad look after JB :)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...