Tuesday, May 8, 2012

That's Why I Hate Doctors

Udah jelas sejelas-jelasnya kalo gw plus Doctor equals Hate! Dari dulu dulu dulu sekali, gw paling anti yang namanya Dokter dan segala embel-embel yang menyertainya, e.g. Rumah sakit, obat, klinik. Dari yang awalnya cuma takut, lama-lama malah jadi sebel, kesel, kecewa dan benci. Ini semua udah pasti ada penyebabnya dan ga mungkin juga gw benci ma Dokter klo dia ga salah apa2, but here's some of the reasons why;

1. Gw jarang sakit, sangat amat teramat jarang sakit, untungnya gw dikasi badan "gampangan" jadi kalopun sakit sedikit dan demam udah bisa reda dan sembuh cukup pake obat warung saja dan alhamdulillahnya lagi, penyakit gw gak pernah jauh2 dari pusing doank (pusing koq alhamdulillah) dan so far, gw udah nemu obat ampuh yang super sukses menghilangkan pusing gw less than a minutes..hail to obat biru bergambar cowo megang kepala dan ada efek riak di backgroundnya..halagh!

Nah karena jarang sakit inilah, gw jadi jarang juga yang namanya ke klinik, RS or ketemu dokter, tinggal kepleset ke warung depan, beli obat, minum, dibawa tidur, besoknya udah segar bugar.

Keuntungan dari jarang ke dokter ini udah pasti lebih hemat (secara ya bo biaya berobat sekarang, mehoong) dan lebih praktis, gak pake ribet daftar, ngantri, konsultasi, ngantri lagi buat ambil obat dan minum obat berhari2 (have I told you that I hate taking pils aswell? well next..). But selain keuntungan, udah pastiiiiii ada Kerugiannya, dengan tidak ke dokter, gw jadi tidak aware sama penyakit gw, gw juga tidak bisa ngambil tindakan lebih lanjut untuk mengatasi penyakit gw dan obviously gw gak akan pernah tau what kind of disease I have. So without further checking, there's no way I can get further prevention.

But again, alesan No. 2 lah yang bikin gw gak pernah mau ke Dokter, that is I HATE TAKING MEDICINE! Obat, apapun itu, mau syrup, mau pil, mau kaplet, kapsul, tablet..apapun! gw gak suka..I just hate taking those sort of things into my mouth, it feels awkward. Even Vit C or Multivitamin yang jelas2 bukan obat aja gw gak suka, apalagi obat beneran yang kadang2 sizenya suka ga manusiawi itu! Intinya, gw emang ga suka obat, and I know exactly, klo yang namanya berobat ke Dokter, otomatis kita akan dikasi obat untuk diminum berhari2 dan berkali2..:smashing: 

And lastly but not least, its the BAD Experiences..udah jelas, ada asap pasti ada api. my first bad experiences is when I had a car accident about 10 years ago, kejadiannya serba cepat dan tau2 gw udah ada di RS Medistra. Hasilnya 6 jahitan di dagu, 2 jahitan dilengan dan di jari plus rawat inap selama 2 hari. Trauma, shock, biru, lebam, baret, luka seluruh badan bikin hari2 pertama gw keluar rumah sakit cukup menakutkan. Tiap malem pasti kebayang2 terus kejadiannya dan luka jahitan di dagu gw juga belum bener2 sembuh dan kering. Sampe suatu hari, nyokap bawain obat yang baru ditebus di RS untuk luka gw, pas malemnya gw minum tiba2 aja mulut gw ga bsa digerakkin dan posisinya miring, gw panik krn ga bsa ngomong dan yang bikin tambah parah adalah it affecting my new wound yang belum kering itu, sakitnya ga ketulungann, gw yang mustinya istirahat dengan tenang dan recovery tiba2 musti digotong2 ke RS karena ga tahan sakitnya..dan pas dibawa ke RS, seinget gw mereka nyuntik gw dengan sesuatu dan gw tertidur selama 6jam. And you know apa kata mereka pas bokap nyokap tanya kenapa gw bisa begini? dengan entengnya mereka bilang gw alergi salah satu obat mereka dan efeknya jadi kejang, tpi sekarang sudah dikasi obat pereda dan penenang. Bokap nyokap yang udah terlalu kalut sama keadaan gw bener2 udah ga bisa mikir apa2 lagi dan cuma bisa nerima informasi belibet-sokkedokteran-cariaman nya mereka aja dan yang penting gw udah tenang. Jujur, pas belakangan gw tau alesan mereka cuma gitu doank gw emosi sampe keubun2, pingin marah rasanya. Koq bsa2nya mereka seenak jidat ngasi obat ke pasien tanpa tau kondisinya?! Gw yang saat itu dalam kondisi trauma tetep ga bisa nerima kenyataan bahwa alergi obat kadang-kadang tidak dapat dihindari...its too painful and way out of my control!

Second bad experiences tidak melibatkan diri gw secara langsung, it was to My Dad actually..My Dad is having a stroke since almost 7 years ago and up until now, keadaannya tidak bisa kembali normal. Kondisi fisiknya bisa dibilang antara sakit dan tidak sakit. Walopun si Ayah masih bisa bergerak, jalan, even ngemol sebulan sekali (biar ga bete) sama anak2nya, tapi tetep tangan kiri Ayah ga bisa berfungsi normal seperti dulu, karena syaraf tangannya udah keganggu, so dia ga bsa megang sesuatu firmly lagi. Di umurnya yang ke 64 dan dengan kondisi badan yang sebelumnya segar bugar, mustinya Ayah bisa recovery dengan cepet, apalagi kita sudah berusaha ngobatin Ayah dengan berbagai cara dan ke berbagai tempat. Tapi tetep kesembuhan Ayah kita serahin semuanya ke Allah SWT, sampe akhirnya kondisi Ayah seperti sekarang ini.

Tapi sebenernya keadaan Ayah bisa sedikit berbeda seandainya kita sekeluarga bisa aware lebih cepet dan menyadari kalo treatment Ayah bisa dibilang ga sewajarnya. Gw yang dulu bener2 ga tau apa2 dan gak bisa berbuat apa2 cuma bisa berfikir kalo obat yang musti diminum Ayah sebanyak 46 butir sehari itu adalah memang bagian dari prosedur kesembuhannya...BODOOH!!! Mau marah rasanya, kenapa abang2 gw gak ada yang ngeh, atau memang Dokter2nya terlalu jago untuk ngebodohin kita semua dengan omongan racunnya!!! Alhasil setelah 6 bulan dirawat dirumah sakit kondisi Ayah bukannya membaik, dia malah jadi semakin lemah dan parahnya lagi mulutnya masih belum balik ke posisi normal. Karena kita tau kondisinya udah ga bener, kita sepakat untuk ngeluarin dan mindahin Ayah dari RS itu ke pengobatan alternative yang ada di Bekasi. ALHAMDULILLAH, kondisi Ayah pelan2 membaik, ga sampe sebulan mulut Ayah udah normal lagi, tapi efek minum obat berpuluh2 butir itu udah terlalu banyak mempengaruhi syarafnya Ayah, dan sekarang walopun udah berbagai macam cara kita coba, hasilnya tetep gak maksimal dan Ayah masih bisa dibilang tetep belum pulih total dari keracunan obatnya :(

Cukup 2 kejadian yang bisa ngerubah seluruh persepsi gw ke Dokter apapun itu, walopun sebenernya masih banyak kejadian2 sepele yang bikin gw malah terlihat lebih "soktau" ketimbang Dokternya, tpi gw selalu merasa kalo gw berhak untuk tau, yah semua itu karena pengalaman sebelumnya. 

Dan belom juga hilang rasa antipati gw sama Dokter, semalem lagi2 gw apes ketemu Dokter ga guna (mungkin berguna buat orang lain, but definitely not for me!). Dengan segala high-ekspektasi gw akan kecanggihan Dokter Othopedi ini (hasil googling) taunya yang gw dapetin bener2 below expectation. Setelah susah payah gw maksain diri untuk "akhirnya" ke RS dan ketemu Dokter untuk nyembuhin si pinggang ini dan gw juga berharap gw akan menjadi lebih tenang dan sakitnya bisa bener2 berkurang or even better menghilang..eeeh kenyataannya malah jdi tambah kecewa. Si Dokter meriksain gw udah kaya orang yang mau ketinggalan kereta aja, semuanya serba kilat, cepat, buru2 dan singkat. Gw cuma disuruh laying down, angkat kaki 2 kali, pencet sana pencet sini, berdiri tegak dan bilang.."duuh susah kalo pake celana hitam, saya jdi tidak bisa liat panggulnya" or "coba liat kakinya panjangan mana?" Hhmm...ini gw yang bego or gimana yaa?? Pertama, mana gw tau klo gw musti pake celana lain selain wrna hitam? lagian kalo emang ga bisa liat, kenapa gw ga dsuruh buka aja? pake apa keq, yg penting dia bisa tau kondisi gw dan bisa ngasi tau kenapa2nya bukan? dan kedua..setelah 30 tahun gw hidup, akhirnya gw disadarkan kalo ternyata "kata si Dokter" kaki gw itu panjang sebelah..WHAT??!!!! Gw mau berobat pinggang Dok, bukannya untuk memastikan kalo trnyta selama ini saya cacat....dan kalopun kaki gw panjang sebelah, mustinya kan dia jelasin kenapa, dan how come dia bisa memutuskan kaki gw panjang sebelah hanya dengan diliat sekilas info gituuh!! dan kalopun memang benar penyebab sakit pinggang ini karena kaki gw panjang sebelah, kenapa baru sekarang? apa mungkin di trigger karena high heels? but I've been wearing this damned high heels since many many years ago Doc, kenapa baru sekarang diisengin dan disalahin??!! Terlalu banyak non-sense nya dan yang lebih parahnya lagi, He knows sakit pinggang gw ini ke trigger karena gw batuk dan bersin, dan you know apa saran dia? "kalo bisa jangan sampe bersin or batuk" WHAT THE FU*K!!! Saran apaan ituh, emangnya gw bsa nolak klo tiba2 aja hidung gw gatel, or ada debu or keselek??!!This is ridiculous...and thats it, ga smpe 10menit, gw ga ngerasa lebih baik, baik fisik maupun batin, penjelasan si Dokter ga bikin gw tenang sama sekali dan ujung2nya gw malah bersumpah-serapah-sampah pas keluar dari RS..mana biayanya hampir setengah juta saja saudara2..untuk bullcrap ga lebih dari 10 menit!!!

Gw tau sih yang namanya berobat itu gak kaya orang makan cabe, sekali gigit saat itu juga pedes, tapi kan gw jg berharap kalo si Dokter yang notabene tau semuanya dan memang udah bertahun2 belajar bisa sedikit ngasi gw penjelasan yang menenangkan hati or setidaknya dia tau penyakit macam apa yang gw idap dan mustinya juga dia tau sakit kaya apa yang gw rasain. Dengan segala ketakutan dan trauma kalo2 sampe kejadian kaya sakit pinggang yang pertama dulu, gw bener2 berharap si Dokter bsa ngasi tau sesuatu even a little the why and the how..but ini enggak..so lagi2 gw dibuat kecewa sama Dokter.

And sampe hari ini gw masih tetep gondok dan masih sakit pinggang and yang pasti masih tetep benci Dokter!!!!!


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...