Wednesday, January 30, 2013

Hongkong Trip - Day 2 (The Peak, Madame Tussaud, Temple Street)

We start off Day 2 with having a big brunch bfast+lunch at Hard Rock Cafe, setelah sebelumnya checking out dan titip luggage di concierge.

5 Serangkai
Our big brunch menu
Kenyang makan besar, kita langsung menuju Macau Ferry Terminal untuk lanjut ke HK. Tapi pas sampe di terminal, tiba2 aja Pak Juan sadar kalo token hasil 'tarung' dia semalem belum sempet ke redeem (mana lumayan banget jumlahnya tuh). Nah berhubung ferry kita udah mau berangkat 10 menit lagi, alhasil Pak Bri suggest kita tetep berangkat ke HK dulu, baru nanti malem deh para Bapak2nya akan nyebrang balik lagi ke Macau.

See you (again and again) Macau

Inside our ferry

Holla HK
TurboJet
Penginapan kita di HK adalah Holiday Inn Express Soho di 83 Jervois Street, Sheung Wan.  Karena lokasi hotelnya kata Pak Bri gak terlalu jauh dari HK-Macau Ferry terminal, thus kita memutuskan untuk jalan kaki aja. Berbekal GPS dari ipon5 Pak Bri, kita jalan menyusuri gedung2 khas HK yang super padat dan super crowded ples sedikit bronx sambil gerek2 koper naik-turun tangga penyebrangan ples celingak-celinguk. After an exhausted 20 minutes walk and lost, we finally reached the hotel!

Our hotel room was okay, malah bisa dibilang this is quite fancy compare with hostel kali terakhir gw stay di Chunking Mansion. Walopun tidak ada bathtub-nya (ngareps), tapi overall cleanliness and facility nya not bad at all. Cuma sayang, untuk ukuran lokasi, si Holiday Inn ini masih kalah jauh sama CM. The nearest MTR station berjarak kurleb 10mnts walk, gak seperti CM yang tinggal nyebrang jalan doank. Udah gitu, daerah sekitar hotel ini kurang lively dan terasa sepi banget. Yaah walopun persis didepan kita banyak ruko2 menjulang, tapi tetep after 10PM, satu2nya toko yang buka hanya si 7-11 ajah -__-

Done with check in, we took a quick shower and rushed to The Victoria Park. Untuk menghemat waktu, kita took a cab sampe naik keatasnya langsung. So, gak ada deh waktu buat ngantri2 The Peak Tram segala. Pokoknya yang serba cepet aja!

HK below
Sesampenya diatas, kita langsung sightseeing, taking picture, menghangatkan badan di Coffee Pacific dan terakhirnya, Pak Edhy, Dencu dan gw memutuskan untuk ke Madame Tussaud. Berhubung dibayarin, so gw mau2 ajaa...dan karena it was their very first visit, lagi2 gw udah happy cuma jadi juru fotonya mereka ajaah :D

Nothing really changed inside The Madame Tussaud. Tokoh2 artis, atlit, politik dan dunia yang ada didalam, baik jumlahnya, posisinya, pakaiannya dan gayanya masih samaaaa semua. Satu-dua tokoh yang gw perhatiin berbeda gayanya hanya si Mr. Johnny Deep dan Mrs. Tussaud sajah. Sisanya maaah SAMESAME.

Not more than an hour, akhirnya kita keluar dari MT dan langsung berangcut menuju Temple Street Market yang ada didaerah Jordan dan Yau Ma Tei. From The Peak (lagi2) kita naik taksi ke stasiun Admiralty and then from there kita nerusin perjalanan naik MTR ke arah stasiun Jordan. Berhubung kita naik MTRnya cuma sesekali, jadinya kita gak beli tiket terusan yang ada depositnya itu. So tiap mau naik MTR, kita selalu beli one way ticket yang tersedia dimesin2 tiket yang ada diseluruh stasiun MTR.

Buat gw, cara ini lumayan boros dan wasting time banget yaaa, apalagi tiap mau beli musti ngantri2 dulu dan lebih repotnya lagi kalo ketemu mesin yang cuma bisa nerima pecahan koinan aja. Tapi yaaah, namanya juga non-budget traveling, kita ngikuuut sajaah laaah!

Keluar dari stasiun Jordan, kita tinggal ikutin aja petunjuk yang ada dimana2, nah untuk kali ini petunjuk kita ya Pak Bri. Cumaaaaaa...sepertinya malam itu mata Pak Bri aga sliwer or maybe ingetannya aga kurang maksimal kali yaaa (heheheh), alhasil kita sempet muter2 ga jelas, ples sebentar2 berhenti untuk mastiin lokasinya. Again, after around 10 minutes, we finally reached the busiest flea market in town.

To be honest, suasana night market di Temple Street sama persis dengan Ladies Market yang tersohor itu. Barang2 yang dijual pun mostly sama dari ujung ke ujung. Mulai dari t-shirt bergambar Hongkong, gantungan kunci, tempelan kulkas, asbak, gantungan tas, aksesoris batu giok, sepatu, tas2 'kawe', pajangan2 unik, syal, coat, sweater, lighter rokok yang sering gw lihat dijual di Ambassador sampeeee ke koper2. Semuanya ada, ada semuanya!

Satu hal yang musti dibekali ketika belanja disni adalah kemampuan nawar yang "Afgan" aka "Sadis". Trik gw adalah pertama2 menentukan muka dan gelagat penjualnya dulu. Kalo dia udah welcoming kita pake senyum dan kelihatannya ramah, baru deh gw berani put penawaran. Dan harga yang akan gw tawar selalu setengah dari harga yang mereka kasi pertama kali. So kalo dia kasi harga 100HKD, gw bisa aja nawar 40HKD dulu. Dengan cara ini ples jangan lupa Bismillah, Alhamdulillah, gw dapet tas cobalt biru dari harga 379HKD jadi 160HKD ajaaah :p

Puash muter2 selama lebih dari satu jam, gw cuma berhasil beli t-shirt, asbak, tempelan kulkas warna merah, tas dan pajangan meja aja. Nah bapak2nya dooonkkk, udah heboh gerek2 koper ukuran cabin aja booo dan isinya puenuh with belanjaan! hahahah..kalaaah kalap kita De :D

One thing i noticed about Temple Street market adalah penjualnya rata2 jauuuuuh lebih ramah dibandingin penjual di Ladies Market, selain itu dsini juga lebih less crowded. Untuk luas areanya mungkin disini sedikiiiit lebih kecil (gak pernah ngukur juga :p), tapi model jualan dan tempatnya so-so lah dengan Ladies Market.

Done exploring Temple Street, kita langsung naik MTR kearah stasiun Sheung Wan. Dari Jordan, kita tinggal transit satu kali di interchange Central dan turun di pemberhentian line biru paling terakhir.

Sampe di Hotel, para Bapak2nya langsung siap2 untuk nyebrang ke Macau lagi demi me-redeem voucher 'tempur' Pak Juan. So around 12pm, mereka cuuus ke negara lain, gw and Dencu iseng muterin daerah sekitaran hotel yang sepi itu dan beli Chicken Curry Rice + Mexican Chicken Wings di 7-11 before finally sleep at 2AM.