Tuesday, November 1, 2011

Garut - Jawa Barat Trip (29-30 Oct 11)

Seperti biasa, kalo team "Kelompencapir Independent" punya rencana, gak pake mikir dan ga pake lama kita semua pasti langsung berangkuts. Kurang dari 3 hari sebelum hari-H, ide yang awalnya cuma disounding2 aja akhirnya beneran terlaksana dan kita langsung cuuss ke Garut Jawa Barat.

Yogo (si driver petualang), Novie (si rame nan ababil), Raidha (si kalem penengah) and gw (si miss rempong yang gak mau kalah) memutuskan untuk pergi ke Garut buat weekend getaway kali ini. At first banyak banget pertanyaan ke Yogo tentang apa yang akan kita lakukan disana dan mau kemana aja. Dan Yogo seperti biasa selalu menjawab dengan cengengesan sambil bilang "ada deeh". Gw yang dasarnya ga suka kalo pergi tanpa perencanaan dan gada gambaran sama sekali langsung penasaran googling2 untuk cari tau ttg Garut. Dan ternyata Garut sedang naik pamor ya (telaat nyadar). Yang paling pertama para wisatawan tuju di Garut itu ternyata wisata alamnya dan site2 wisata pemandian air panasnya yang terkenal. Salah duanya adalah pemandian air panas Cipanas dan Darajat yang lokasinya terpaut jarak lumayan jauh, sekitar setengah jam-an deh. Selain pemandian air panas ada juga yang namanya Situ (Danau) Bagendit yang tersohor karena cerita mistisnya, Gunung Papandayan, Pantai Sontolo and Pamengpeuk dll. Wilayah Garut yang berkontur berbukit2 bikin udara disekitarnya jadi suejuuk banget, ga salah deh kalo kita memutuskan untuk menghabiskan weekend disini untuk sekedar melepaskan diri dari kusutnya dan panasnya kota Jakarta.

Perjalanan dari Jakarta ke Garut memakan waktu sekitar 4-5 jam tergantung kondisi jalan dan berapa banyak kita berhenti di pom bensin (untuk sholat, ke toilet and nanya2 :p). Rute yang kita ambil adalah lewat tol cikampek lanjut tol purbaleunyi/cipularang. Pas mentok di pintu tol terakhir, kita belok kanan lewat Rancaekek, Nangrek, jalur alternatif Garut and akhirnya sampai juga di kota Garut.

Pas dijalan akhirnya Yogo ngasi tau juga kemana tujuan kita (setelah dicecer ma 3 cewe yang penasaran setengah mati). Nah daerah yang akan langsung kita tuju itu bernama Darajat, lokasinya masih diujungnya pusat kota Garut. Daerahnya sendiri mirip2 puncak gitu deh dan ada lokasi pemandian air panasnya juga. Jadi selain wisata pemandian air panas Cipanas yang tersohor itu, di daerah Darajat juga lagi dikembangin wisata serupa, bedanya lokasi Darajat masih lebih jauh dibandingkan Cipanas dan fasilitas serta penginapannya juga belum begitu banyak pilihan. Tapi meskipun begitu, kita lebih prefer dsini daripada musti bergencet2an ria di Cipanas sangking penuhnya...beuh!

Berhubung kita jalan dari Jakartanya udah malam, so pas nyampe Darajat jam udah menunjukan pukul 12 malam teng! Saat itu kita kepedean plus nekat berfikir pasti akan dapet penginapan, tapi ternyata pas sampe sana daerahnya sepi banget, nengok kanan-kiri ga ada orang lewat satupun, jalanannya gelap dan gada mobil yang lalu-lalang. Kita sempet liat ada beberapa bangunan kaya penginapan dan fasilitas waterboomnya gitu, tapi koq keliatan kaya gada kehidupan samsek. Pokoknya bener2 sepi! Akhirnya kita tetep memutuskan untuk berhenti satu-satu dibangunan itu berharap mungkin penjaganya lagi tidur atau apa. Dan setelah nanya2 dan muter2 di 5 tempat berbeda,  ternyata semua kamarnya sudah full!

Setress dan pusing plus cape (padahal si Yogo yang nyetir aja kaga :P) kita sempet setuju untuk markir aja dideket pemandian air panas dan tidur dimobil, besok paginya tinggal mandi deh :p But untungnya pas lagi bingung gitu, kita disamperin satu orang pake motor dan bantu kita ke tempat penginapan yang masih available.

Lokasi penginapan kita kalo malam gini bener2 ga jelas mana pintu masuk mana pintu keluarnya, selain karena gelap dan kurang penerangan, disekelilingnya juga penuh sama bangunan-bangunan ga jelas dan ga terawat. Awalnya kita sempet worried, tapi berbekal bismillah dan jalan sama 2 cewe berjilbab, mustinya sih kita aman2 aja..:p

Nama penginapan kita ini adlah Darajat Indah, sewa kamarnya semalem kena IDR 250.000,- lumayan mahal untuk ukuran kamar seuprit gitu, tapi karena sudah kefefet, ya mau ga mau tetep kita ambil juga. Ukurannya kamarnya gak gede juga gak kecil, isinya cuma 1 kasur besar and 2 kasur single yang diletakkan dibawah dan beralaskan karpet musholla, tapi untungnya kamar mandinya didalam walopun minus perlengkapan mandi (yaiyalah) tapi kita cukup bersyukur bisa dapet penginapan juga, setidaknya cukuplah untuk kita selonjoran dan beristirahat di malam yang super dingin itu.

Udara pagi Darajat menyusup masuk ke kamar kita and sukses ngebangunin semuanya pas jam 7 pagi. Rasa2nya gak pingin keluar dari selimut karena udaranya dingin bgt2, but kita sadar kalo waktu kita disini cuma satu hari doank. Akhirnya dengan berat hati kita bangun dan buka pintu..dan ternyata pemandangan yang kita liat bener2 amazingly beautiful..Subhanallah baguus banget! Semalem kita bener2 ga bisa liat apapun karena gelap, but pagi ini kita bisa liat semuanya dengan jelas dan we're so happy with it.

Selain penginapan ternyata di Darajat Indah ini juga ada pemandian air panasnya loh lengkap dengan seluncuran air mirip waterboom gitu (versi sederhananya). Padahal awalnya kita mau ke pemandian Alam Segar yang kita tau infonya dari internet, disana tempat pemandian air panasnya lebih besar dan lebih keren, seluncurannya juga oke. Cuma untuk menghemat waktu dan karena males untuk repot pindah2 lagi, akhirnya kita puas2in deh mandi disini aja.

Kalo boleh jujur, gw gak akan 'terlalu' merekomendasikan tempat ini kesiapapun deh, selain kamarnya yang bener2 seadanya, tempat pemandiannya juga minimalis banget, padahal disekitar situ masih ada sekitar 5-6 tempat pemandian yang menyediakan fasilitas lebih lengkap dan mungkin dengan kamar yang lebih manusiawi. So moral of the story adalah jangan sok kepedean dan sok nekad go show, mending book tempat dari jauh2 hari deeh *melirik ke Yogo semuah!

Kamar kitaaah *pojok kiri bawah yang pintunya kebuka ;)
Setelah check out kita memutuskan untuk muter2in daerah Darajat dulu. Pemandangan disekeliling kita kebanyakan adalah bukit2 yang ditanami bermacam2 sayuran, udaranya suejuk banget walopun mataharinya masih kerasa terik, tapi yang mencolok disini adalah Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Uap Garut yang dikelola oleh Chevron, a giant multinational company! Dari jauh hampir sebagian pemandangan bukit disini dihiasi oleh pipa2 saluran uap Chevron yang besaar. Inilah sumber listrik masyarakat Garut (If im not mistaken ya). Dan katanya kalo mau, kita bisa melihat lebih dekat PLTU itu untuk sekedar foto2 dan nanya2, tapi sayang waktu kita sangat terbatas, so maybe next time :D

Tujuan kita berikutnya adalah makan siang di Kampung Sampireun, the famous resort, spa and cottage di Garut! Sangking famousnya setiap ada yang nyebut Garut, pasti kepikirannya tempat ini dan akhirnya kita bisa bener2 dateng kesini. Perjalanan dari Darajat ke Kampung Sampireun ternyata ga terlalu jauh, cuma sekitar 20menitan deh (karena ga macet kali ya). Pas sampe kita langsung terkagum2 dengan tempat ini, suasananya adem, asri, sejuk, teduh, tenang dan tentram karena banyak pepohonan, plus ditengah2nya ada danau buatan lengkap dengan perahu sampannya. Really romantic...no wonder disini sering dijadiin sebagai destinasi honeymoon-an :p Tapi sayangnya kita kesitu hanya mau makan siang aja sekaligus menghilangkan rasa penasaran, karena untuk nginep disni ratenya lumayan mahal juga, but im sure its worthed koq :)

Restaurant Seruling Bambu ini adanya didalem area Kampung Sampireun. Kita makan disalah satu saung balenya. Makanan mereka enak2 semua..bener2 ga nyesel makan disitu, Ayam Kemiri yang gw pesen rasanya dahsyat dan nasi ramesnya bikin nagih. Overall dengan biaya 175rb untuk ber4 kita puasssh banget!

Udah kenyang dan puas ngeliat2 suasana Kampung Sampireun yang bikin "gak mau pulang" itu, akhirnya kita terpaksa pulang juga :( Nah sebelum bener2 heading to Jakarta, kita mampir dulu ke toko oleh2 terkenal di Garut namanya CHOCODOT. Ini adalah toko coklat-dodol nomor satu di Garut dan pertama di dunia, aseli produk lokal hasil karya anak bangsa yang namanya cukup terkenal didunia perkulineran international, pernah mendapat penghargaan juga dan sudah pasti bikin bangga.

Toko CHOCODOT ato nama lainnya toko D' Jieun Tjoklat ini menjual bermacam2 makanan/snack khas Garut, terutama dodol. Chocodot sendiri adalah singkatan dari Chocolate-Dodol, ini adalah perpaduan dari makanan khas Garut yaitu dodol yang dicombine sedemian rupa dengan coklat sehingga menghasilkan rasa yang beda dan unik so jadi gak terkesan traditional banget. Kemasan dibikin khas Indonesia dari anyaman bambu berwarna-warni. Pokoknya bisa bikin orang penasaran dan mencoba.

Salah satu varian yang menurut gw unik banget adalah Chocolat rasa Cabe..pas nyobain testernya rasanya bener2 aneh tapi it surely tasted good! Selain rasa cabe, ada juga rasa yang lain such as strawberry, cappuccino, rempah, keju dll. Selain Chocodot, disini juga ada Brownies dodol yang disingkat Brodol, rasanya gak kalah enak sama browkus yang biasa gw beli di Bandung..pokoknya lama2 disini bikin kalap karena mau semuanyaa :)

Kelar belanja2 kita melanjutkan perjalanan balik ke Jakarta :( dari Garut udah menunjukan pukul 5 sore, perjalanan masih panjang dan baru inget kalo ini hari Minggu, udah pasti tol dalam kota bakalan macet parah karena arus liburan balik dari Bandung..so lets get back to reality and say good bye to Garut. Hope we can visiting you again soon..Amin