Wednesday, November 16, 2011

Kusutnya Jalanan Jakarta

Hari ini waktu yang gw perlukan untuk sampe kantor jadi lebih lama dua kali lipet!! yeees, yang biasanya dari Kemang ke Daan Mogot cukup dengan sejam aja..hari ini sukses nambah jadi 2 jam!!!

Sepanjang jalan, posisi duduk udah resah, gelisah and gak karuan..bukan karena takut telat yaa (untuung si boss2 lagi meeting keluar semuaa..amaaan) tapi lebih karena rasa gak nyaman..ngebayangin setiap hari harus dihadapkan pada kenyataan macet, stuck, semrawut, ugal-ugalan, serampangan, seenak jidat, gak punya otak, gak mau ngalah, dan kusutnya situasi jalanan Jakarta!!

Gw selalu berusaha (sangat2 berusaha) untuk gak mikirin itu semua, coz hey..im not the one behind the wheel tho! but can you image those who are behind the wheel? apa rasanya musti tahan berjam-jam dijalanan, fokus, cape, stress, pegel, pusing..belum lagi misalkan musti buru2 pulang karena ada keluarga yang sakit, musti ontime untuk meeting penting, musti ke suatu tempat untuk urusan mendadak dan urgent! can you all imagine that! Suatu hari gw pernah mau nangis denger cerita salah satu driver taksi yang bilang dia pernah ngangkut penumpang yang lagi sekarat dan musti buru2 ke rumah sakit, mereka terpaksa naik taksi karena ambulance yang mustinya datang kerumah mereka terjebak macet..can u imagine that! and what happen next..she didnt make it! she passed away on her parent's lap! tragic and sadly!

Its just one of many other cases caused by kusutnya jalanan Jakarta..kondisi jalanan dijakarta sebenernya gak terlepas dari mental penggunanya..masing2 gk ada yang mau ngalah, masing2 maunya lebih cepat, semuanya serba buru2, semuanya serba ngejar setoran, semuanya serba enaknya aja! pemandangan pengendara kendaraan bermotor yang memberi jalan ke pengendara lain udah langkaaaaaa banget, yang terkesan sekarang, setiap pengendara punya prinsip "lebih baik berantem daripada ngalah" belum lagi supir2 angkutan umum yang gak punya otak, berhenti seenak jidat, ngetem seenaknya, gak mikirin kepentingan orang lain dengan alesan nyari rejeki..sheaat, semua orang juga lagi nyari rejeki..tapi gak dengan cara merugikan orang lain!!

Yang lebih parah, gak usah jauh2..didaerah kostan gw di Kemang..banyak orang2 berduit tapi gak punya pikiran, mereka mampu buat and ngebangun resto, toko atau tempat hiburan yang udah pasti bikin rame..tpi apa mereka mikirin tempat parkirnya??!! Jalanan kemang makin hari makin konyol macetnya..and semuanya tanpa sebab yang jelas! yang bikin gondok lagi, kebanyakan macetnya cuma gara2 kendaraan yang markir seenak jidat..jalanan 2 jalur yang mustinya dipakai untuk umum cuma kepake satu jalur karena jalur yang lain dipakai buat parkir and buat mejeng mobil2 mereka!!gilaaa yaaa...cuma gara2 itu!! Gw lebih bias nerima macet seandainya didepan ada kecelakaan, ada jalan rusak or ada perbaikan jalan..but this??!! cuma gara2 mobil markir or worst angkot ngetem!! it super frustrating!!!!!

No wonder orang Jakarta gak ada yang sehat...waktu istirahat mereka jadi berkurang dan sedikit...those yang kerja kantoran lebih milih pulang aga malem untuk menghindari macet dan mereka musti bangun pagi2 banget untuk menghindari macet..so it means, waktu tidur mereka jadi lebih sedikit and it happens to me too!!

Memang kalo dipikirin pasti gak akan ada habis2nya, its like deciding which one first between chicken and egg, struktur jalanannya yang kurang memadai or kultur orang2nya yang udah gak punya hati lagi!!!

I feel like i want to do something, but i know i cant..the only thing i can do hanya small thing..like i would always give warning to my driver to stop behind the white lines, never take emergency line in highway, i always remind BBP jangan parkir sembarangan, gak makan ditempat yang gak sediain tempat parkir yang decent, gak mau berhentiin angkutan umum kalo bukan dihalte and selalu melarang tukang ojek gw untuk lewat trotoar and lawan arah!! well, atleast thats all i can do to make My Jakarta become a better place to live in!!

PLUSS BANJIIIRR...AARRGGGHHH







#Pics courtesy google yang berasal dari orang2 canggih yang menyempatkan diri mengabadikan moment memalukan dari kota kita tercinta :(

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...