Monday, July 8, 2013

Trip to Malang w/ My Familia - Day 3 (Batu Malang)

Planning kita dihari ketiga sudah cencuw pingin jayan-jayan donk yaaa..apalagi setelah misi utama-nya accomplished kemarin. Nah yang namanya pergi ke Malang, sudah cencuw juga pasti-musti-kudu dan wajib menyambangi the famous Batu area.

Kelar sarapan dan foto2 (penting iniiih, secara kemarin udah keburu teler semuah) sekitar jam 10an kita minta concierge cariin taksi dan off we go to Batu Malang.

Si ayah emang kurang fotogenic..senyumnya mahaaal, musti bayar duluuu katanya..xixix

Jangan Heneg Ya Ngeliat Sister Narsis iniih..huhuhu

Terletak 15km dari kota Malang, Batu ini merupakan pusat wisata dan rekreasinya orang2 dari berbagai daerah, khususnya Malang dan sekitarnya. Batu menurut gw hampir sama persis dengan Puncak. Berhubung lokasinya berada didataran tinggi Malang, no wonder udaranya sejuk dan cocok buat refreshing.

Perjalanan dari hotel ke Batu Malang sekitar 45menit s/d 1 jam (tergantung kondisi jalan ya) Dan transportasi yang kita gunakan adalah Taksi! Kenapa kita milih taksi, karena setelah nanya sana-sini termasuk nanya ke Kakek Atma, sayang juga seandainya gw memutuskan untuk sewa mobil. Ongkos sewa mobil dari hotel untuk 12 jam sekitar 550rb, itu sudah termasuk bensin dan supir. Tapi masalahnya adalah, kita tidak tau apakah kita akan pergi selama 12 jam atau lebih. Dan lagipula, namanya rekreasi satu area, sayang aja gitu nyewa mobil cuma untuk nungguin kita aja. Thus pilihan jatuh ke Taksi yang ongkos sekali jalannya kurleb 100rban lebih sajah (teteup pingin efisien :p)

Hari itu gw udah wanti2 ke bonyok untuk pake sweater karena katanya udara Batu dingin banget. Di perjalanan kita nanya2 sama supir taksinya lokasi wisata mana yang harus kita kunjungin pertama kali. FYI, di daerah Batu itu ada beberapa lokasi wisata. Yang paling terkenal mungkin Jatim Park 1, Jatim Park 2, Taman Selecta dan Batu Night Spectacular. Nah di tiap2 lokasi ada beberapa interest sights yang bisa dikunjungin (click each name for details). Akhirnya kita memutuskan untuk menuju Jatim Park 2 duluan. Sampe sana ternyata udaranya lumayan dingin saudara2! Alhasil langsung deh kita laper lagiih (huaaa) trus sebelum masuk kita iseng nyari2 tempat makan disekitaran pintu masuknya dulu. Celingak-celinguk, gw liat ada satu resto yang kelihatannya lumayan beres bernama Jungle Fast Food. Lokasinya berada persis disamping lobby Pohon Inn Hotel.

Berhubung interest utama di Jatim Park 2 itu adalah Batu Secret Zoo aka Kebun Binatang (jauh-jauh ke Malang ngeliatnya isi Ragunan jujaaah -__-) ya bisa ketebak tema si resto gak jauh2 dari tema jungle2an gitu deeh. Pas masuk dalemnya sih super interesting, diatapnya ada tumbuhan2 merambat, bangku2 dan meja2nya bermotif kulit binatang, ada patung2 binatang juga daaaan yang lebih canggihnya lagi adalah..tempat kita makan itu langsung menghadap kaca besar yang dibaliknya adalah kandang Rusa dan Macan! CANGGIH doonkkk.......................Well, for you maybe................tapi klo gw sih mana bisaa! Bukan apa2, tempat temaram gw masih tolerance, bangku berkulit2 gw juga masih bisa santai..tapiii yang namanya makan sambil menghadap kandang..Hhhmmmm.. I dont think so, Sorry :(

Ya bisa ketebak, gak pake lama gw langsung ngajak bonyok cari tempat lain yang lebih enak diperut dan dimata. Nah setelah muter sana-sini, akhirnya kita nemu satu tempat makan yang lokasinya agak mojok dan sepi. Awalnya sih kita udah mikir pasti mehong nih makanya sepi gini, tpi at least pemandangannya gak perlu sambil ngeliat2 kandang segala dan disini kita juga bisa dapet feel udaranya Batu karena lokasinya yang agak terbuka. So dikesampingkan dulu deh masalah harga, yang penting perut tenang. Kita pesennya nasi goreng dan si Jeynonk mesen sate. Pas bebayaran ternyata harganya ndak mahal2 amat koq, tapiiiii...rasanya bener2 below standard semuah! Nasinya lembek kaya nasi Rumah Sakit, ayamnya keras, bumbunya gada rasanya dan kerupuknya alot! Oh My GOD..No wonder tempat ini sepi :( Cuma mau gimna lagi, perut udah keroncongan, dan Ayah gak bakalan sanggup untuk jalan jauh dan muter2 nyari tempat lain. Setidaknya perut kita udah keisi sedikitlah.

Kelar makan, gw udah mau langsung beli tiket dan masuk donk yaa..eh tiba2 Bonyok bilang "males masuk". Nah looh! Alesan bonyok sih karena isinya kurang menarik dan terlalu luaaass. Gw sih udah siap2 nyewa semacam kursi roda elektrik seandainya Bokap cape. Harga sewanya kurleb 150rb. Tapi Bonyok udah gak tertarik tuuh..Yah mau ga mau kita cuma muter2 depannya aja, foto2 dan nyoba pergi ke area yang lain. Kebetulan ada temennya Jeynonk yang bilang kalo Batu Night Spectacular (BNS) bagus dan layak dikunjungin. So akhirnya kita coba pindah lokasi kesana aja.

Pas ditaksi tadi, kita sempet nanya apakah taksi dari Jatim Park gampang dan banyak? trus si supirnya -yang belakangan akhirnya kita sumpah2in- bilang "taksi banyak koq". Padahal apaaaan!! Ga ada tuh sama sekali palang penunjuk antrian taksi, informasi manggil taksi or anything. Bener2 kita sampe jalan muter2 dan jauuuh banget (I'm more concerning bout my dad yang udah ngos2an) cuma untuk nyari pintu keluar setelah nanya ma cleaning service yang ngasi petunjuk ngaco! Hadeeeuh! Setelah muter2 dan bolak-balik, akhirnya gw nemu satu orang yang bisa kasi jawaban dengan jelas. Ternyata di Jatim Park or khususnya di Malang, ga ada ceritanya tuh taksi mondar-mandir nyari penumpang. Disana itu, supir taksi selalu nunggu penumpang di poolnya. Kalo ada order (which is rata2 pendatang) baru deh mereka keluar dari pool. Nah kalo orang kaya kita2 gini yang gak tau sistemnya seperti itu, sampe rambut beruban kelamaan nunggu juga gak bahannya deh ada taksi yang lewat. Repot yaaa?? Repot Banget Nget Nget!

Setelah gw sempet sewot2an ma petugasnya karena gak ngasi informasi yang jelas ke pengunjung yang datang naik taksi, akhirnya sama mereka diteleponinlah taksinya. Setelah nunggu kurang lebih setengah jam, akhirnya taksi kita dateng dan kita langsung minta dianterin ke BNS. Ternyata...lokasi Jatim Park 1 ke BNS cuma tinggal koprol doank sangking deketnya. Pas kita sampe argonya aja masih 5000 -___- nah berhubung kita tau susah banget nyari taksi, akhirnya tanpa ditanya, si supir taksi nawarin kita untuk bayar borongan. Enaknya adalah, didepan kita semua, si supir taksi telepon ke pusat dan nanya berapa harga untuk nunggu minimal 2 jam, pusat bilang sekitar 160rban (kalo ga salah yaa) kita sih ok2 aja, tpi yang jadi masalah adalah kita gak tau apakah kita akan lama atau sebentar di BNS itu, apalagi kita gak tau wujudnya si BNS kaya apa. Takutnya nanti malah kaya Jatim Park yang bikin bonyok ilfeel. Setelah ngobrol2 panjang lebar, si supir bilang dia mau nunggu aja sambil argonya dinyalain. Well, berhubung udah disitu, ya gw gak masalahlah. Wong namanya juga lagi jalan-jalan! So deal done, si pak supir akan nungguin kita dan argo nyala.

Batu Night Spectacular (BNS) ternyata adalah mini versionnya of Dufan tapi sedikit lebih keren dibandingin pasar malam di Jakarta. Di dalemnya banyak wahana2 yang bisa kita cobain, dari wahana yang menantang sampe wahana yang cucok buat foto2 doank. Areanya sendiri gak terlalu besar, tapi untuk ukuran orang Malang, segitu sih udah kereen banget kali ya (hihihihi). Yang bikin kita semua kaget adalah harga tiket masuknya yang satu orang cuma bayar 15.000 sajah saudara2! Giliing muraah beneer..no wonder pada happy main kesini. Dan pas masuk, jangan harep deh ketemu pendatang2 yang keceh2 macam penghuni Dufan gitu (hussh..hushh) tapi yaudahlahyaw, kita coba nikmatin aja deh mumpung disitu.

Denger2 dan baca2 di Google, wahana yang wajib dikunjungi ketika ada di BNS adalah taman lampionnya. Berhubung BNS baru buka sore hari (dari jam 3 s/d jam 12 malam), jelas wahana taman lampionnya ini akan lebih bagus buat dilihat. Pas masuk, kita langsung mengarah ke area taman lampionnya sambil lihat2 sekeliling ketika tiba2 Ayah bilang dia agak laper (lagiihh) so kita liat ada satu resto yang ternyata dibawahnya adalah area Go Kart. Gw and Jeynonk kesenengan ngeliatnya dan langsung gatel pingin nyobain. Alhasil bonyok santai2 duduk diatas sambil ngopi2 dan mesen tahu petis plus asparagus and crab soup, nah gw and Jeynonk langsung jajal si Go Kart deh.

Untuk masuk ke wahana di BNS kita musti bayar lagi (yaeyalah) jadi bukan kaya tiket terusan di Dufan gitu. Dan untuk tiap2 wahana harganya bervariasi, mulai dari 7000 s/d 20.000an. Untuk Go kartnya sendiri ada pilihan 2x putaran dan 6x, namanya cuma iseng, kita ambil yang 2 laps sajah. Ternyata main gokart seru banget, gw sampe mau nambah (makanan kalee), tapi Jeynong pingin nyobain wahana lain, so akhirnya kita muter2 dan jajal naik wahana sepeda udara. Nah yang ini lebih seru lagi, cukup bayar 12rb, kita udah bisa muterin area BNS dari atas sambil ngeliat pemandangan lampu kota Malang dikejauhan. Sebenernya masih banyak wahana2 lain yang seru, tapi kita udah keburu males ngantri dan lagipula saat itu cuacanya mulai gerimis, jadinya kita cuma muter2 sambil foto2 dan terakhirnya pas mau pulang, baru deh gw and Jeynonk masuk ke Lampion Gardennya. Di dalemnya seru juga, banyak spot bagus buat foto2 daaaan..that's it! They were all very nice and good 'just' to see, karena emang disini ini ajangnya buat puas2in foto, lebih dari itu sih gak ada apa2nya lagi yaa..but tetep, it's a must see area when you go to BNS!

Lebih dari 2 jam kita di BNS and time to go home. Kelar bayar makan, kita langsung nyari pintu keluarnya yang jauh dan diujung ituh. Typical tempat hiburan semuanya sama deh, selalu pengunjung udah cape muter2 tetep harus dipaksa keluar melewati jejeran toko2 souvenir dan tempat makan dulu. But we didn't complaint tho, cause Jeynonk berhasil menemukan sendal lucu bergambar apel dan logo BNS warna-warni seharga 10rb saja gituuh. Langsung deh kita kalap beli buat ngasi ke keponakan2.

Lewatin pintu exit, lagi2 kita ketemu toko2 yang jual oleh2 makanan khas Malang, dan lagi2 kita berhenti buat beli keripik apel, bakpia telo, sampe buah apelnya juga. Bonyok puas deh belanja disitu. Kelar bela-beli kita buru2 nyari taksi yang nungguin kita. Pas sampe, gw udah mikir argonya pasti lebih dari 200rban nih..eh ternyataaaaa...segitu lamanya dia nungguin kita, gw liat angka di dashboardnya cuma tertera 80rb aja gituuu!!! OMG! _Alhamdulillah_ *tetep gak mau rugi* :p

Sampe hotel gw pun cukup bayar kurang dari 200rb, itu setelah nungguin 2 jam lebih looh. Seneng deh akuuh :D Di kamar, kita langsung rapi2in barang untuk persiapan back to Jakarta besok dan after that te to the par!

We do really enjoyed our visit to Batu, Insya Allah ada rejeki dan umur panjang kita pasti akan datang lagi...Amiin!